Search Engine

Friday, April 3, 2009

Pelayan Tuhan Sejati

“Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan dimana Aku berada, di situpun pelayanku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa” (Yohanes 12:26)

Sungguh merupakan suatu anugerah bagi siapapun di dunia ini yang dapat melayani Tuhan kita. Ironisnya, kebanyakan pelayan Tuhan di zaman ini tidak memiliki mental sebagai pelayan Tuhan. Sikap mereka dalam melayani Tuhan tidak mencerminkan bahwa mereka adalah pelayan Raja segala Raja. Tuhan diatas segala galanya di bumi ini.

Bersungut sungut dan melayani seenaknya sendiri, sesuai dengan kenyamanan mereka.
Padahal di ayat diatas disebutkan bahwa siapapun melayani Tuhan harus mengikuti Dia.
Ini berarti dimanapun Tuhan mau menempatkan kita, kita harus menerimanya dengan hati besar dan memberikan yang terbaik.

Ada beberapa hal yang mencerminkan sikap pelayan Tuhan sejati:

1. Available for Him
Tuhan tidak membutuhkan orang orang yang pintar melainkan memerlukan orang yang bersedia melayani Dia. Karena Tuhan dapat memakai orang orang yang biasa melakukan hal hal yang luar biasa

2. Bertanggung Jawab
Pertanggung jawaban pekerjaan Tuhan tidak hanya kepada Gembala Sidang saja melainkan kepada Tuhan juga. Peduli kepada pekerjaan yang dipercayakan merupakan hal yang sangat penting di dalam melayani Tuhan

3. Mencerminkan Kasih
Gereja merupakan organisasi non profit yang dimotori oleh roh kudus.
Hal pertama di dalam 9 buah roh adalah Kasih, ini berarti kasih adalah hal yang sangat penting di dalam melayani
Tidak melayani dengan motivasi keuntungan melainkan melayani karena mengasihi orang orang sesama jemaat dan non jemaat.

4. Cerdik seperti ular tulus seperti merpati
Pada era globalisasi sekarang ini, orang orang gereja harus lebih pintar daripada orang sekuler. Kita harus lebih cerdik didalam memenangkan jiwa2, merencanakan event2 besar dan mengatur keuangan.

Di bagian akhir tersebut dikatakan bahwa siapa yang melayani Tuhan akan dihormati Bapa. Untuk mendapatkan hormat dari bapa surgawi kita itu adalah hadiah terbesar yang dapat kita miliki.